Nez PinkBox

YM

Jumat, 17 Desember 2010

Arief Subhan: FDK Akan Perkuat Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi




Ditulis oleh Dwita Yuswandari   

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) kini telah memiliki dekan baru periode 2009-2013, Dr Arief Subhan MA, menggantikan Dekan periode 2005-2009, Dr Murodi MA. Arief menegaskan, di bawah kepemimpinannya, FDK akan memperkuat disiplin keilmuan dakwah dan komunikasi. Sebab, kedua bidang ilmu itu telah menjadi ikon fakultas yang dulu bernama Fakultas Dakwah ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang program-program FDK ke depan, berikut wawancara Dwita Yuswandari dari UINJKT Online dengan doktor bidang pemikiran Islam lulusan UIN Jakarta itu.
Apa yang akan Anda kembangkan di FDK setahun ke depan?
Saat ini perbedaan mendasar dari ilmu dakwah dan ilmu komunikasi masih kurang ditonjolkan, sehingga terkesan dakwah dan komunikasi adalah sama. Padahal kedua ilmu tersebut memiliki ciri khas yang berbeda. Selama ini kedua ilmu tersebut diajarkan kurang mendalam dan ciri khas dari ilmu tersebut masih sulit didapatkan. Ke depan FDK akan mengembangkan kedua ilmu tersebut sehingga ciri khas keilmuannya dapat dikembangkan. Saya berharap dakwah yang diajarkan bukan hanya pergerakan dan syiar Islam tetapi juga ilmu dakwah itu sendiri.
Adakah perbedaan antara program Anda dengan dekan sebelumnya?
Saya akan meneruskan program yang telah direncanakan dekan sebelumnya, Dr Murodi MA, dan tidak akan melakukan perubahan yang radikal, perubahan yang dilakukan adalah meletakan keilmuan tersebut pada tempatnya.
Bagaimana mengembangkan ilmu dakwah dan ilmu komunikasi di FDK ?
Pengembangannya terdapat pada setiap jurusan yang ada di FDK, yaitu Jurusan Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, di mana masing masing ilmu tersebut akan membawahi beberapa program studi. Misalnya Ilmu dakwah akan membawahi Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Bimbingan Penyuluhan Islam, sedangkan Ilmu komunikasi akan membawahi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Jurnalistik.
Bagaimana kedua ilmu yang berbeda tersebut akan bertemu dan saling mendukung?
Pegembangan keilmuan antara dakwah dan komunikasi yang direncanakan akan bertemu pada satu tataran advance research oleh para pakar komunikasi dan dakwah. Penelitian lanjutan yang dilakukan oleh para ahli ilmu dakwah dan ilmu komunikasi itu adalah upaya mempertemukan kedua disiplin ilmu yang memiliki perbedaan sehingga bertemu pada muara yang bisa di implementasikan dalam kehidupan berdakwah dan berkomunikasi.
Persiapan apa yang akan dilakukan FDK guna memperkuat kedua disiplin ilmu tersebut ?
Saya akan melakukan peninjaun serta peningkatan terhadap kurikulum FDK guna memperkuat kedua disiplin ilmu tersebut. Bahkan konsultan eksternal siap dipanggil untuk mengkaji kurikulum yang sudah ada dan jika perlu akan menambahkan kurikulum baru.
Bagaimana FDK dapat bersaing dengan universitas lain?
Peninjauan kurikulum yang dilakukan diharapkan mampu menyaingi universitas lain yang telah mapan dengan keilmuan komunikasi dan dakwah. Upaya mengejar ketertinggalannya adalah dengan menyajikan kurikulum yang berbeda dari universitas lain yaitu dengan kurikulum yang benafaskan Islam, karena kita berada di UIN berbeda dengan universitas lain sehingga melahirkan lulusan yang berbeda dari universitas lainnya. []

HAKIKAT ILMU DAKWAH
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah  mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (Q.S. Annahl:125)
Sebagaimana telah diketahui bahwa dakwah Islam telah menjadi suatu disiplin ilmu yang mandiri, ia memiliki objek kajian, keistimewaan dan tujuan. Dengan begitu, semua ilmu keislaman saling terkait, mengambil kegunaan dan berjalan bersama dan memperoleh kegunaan ajaran Islam yang disiarkan dan disebarluaskan dengan metode yang jelas, sehingga terjamin tegaknya Islam”.
                    
PENGERTIAN ILMU DAKWAH :
علم يبحث فيه عن كيفية الدعوة الاسلامية بشتئ الطرق العلمية من الاستباط والاقتباس والاستقراء ليكون الحق قائماوالقسط   
            Ilmu yang membahas tata cara dakwah islamiyah dengan menggunakan metode ilmiah baik istinbat, iqtibas, maupun istiqra, untuk menegakan keadilan dan hak. Pengertian Lain: Ilmu yang Mengkaji Proses Dakwah secara sistematis, logis, empiris, teologis dan filosofis.

TUJUAN ILMU DAKWAH
Menemukan kejelasan empiris, rasional, dan teologis tentang proses dakwah sebagai fenomena keilmuan,  Perbedaan  Dakwah  dengan Ilmu Dakwah
Dakwah mengacu pada proses dakwah dalam tatanan realitas.  
Ilmu Dakwah mengacu pada abstraksi (konseptualisasi) realitas proses dakwah.

REALITAS DAKWAH DARI KONTEKSNYA, (KUANTITAS) DIKATEGORISASIKAN:
Da’i dan mad’unya dirinya sendiri, disebut dakwah nafsiyah 
Da’i dan mad’unya sendiri, disebut dakwah fardiyah, yang berlangsung secara tatap muka atau langsung tetapi tidak tatap muka yaitu bermedia. 
Da’i sendiri dan mad’u kelompok kecil, yaitu tiga hingga 20 orang, disebut dakwah fi’ah qalilah, yaitu berlangsung secara tatap muka dan dialogis. 
Da’i sendiri dan mad’unya kelompok yang terorganisir, disebut dakwah hizbiyah
Da’i sendiri mad’unya orang banyak, tidak bertatap muka dan monologius dengan media (cetak atau eletronik), atau tatap muka tetapi monologis seperti ceramah umum, atau khutbah), disebut dakwah ummah 
Da’i dan mad’u yang berbeda suku dan budaya dalam suatu kesatuan bangsa yang dapat berlangsung dalam konteks 1,2,3,4 dan 5 disebut dakwah qabailiyah (dakwah antar bangsa atau budaya).

RUANG LINGKUP ILMU DAKWAH
Objek Materal Ilmu Dakwah:  Perilaku keislaman dalam berislam 
Objek Formal Ilmu Dakwah:  Perilaku Keislaman dalam melakukan Tabligh, Irsyad, Tadbir dan Tathwir

Metode Ilmu Dakwah
Versi I: Metode analisis sistem dakwah, Metode historis, Metode Reflektif, Metode Riset Partisipatif, Metode Riset Kecenderungan Dakwah. 
Versi II: Manhaj istinbath (Penggalian konsep/teori dakwah dari Quran-Hadits); Manhaj Iqtibas (Penggalian Kosep/Teori dakwah dari konsep/teori umum yang sudah ada); Manhaj Istiqra (Penggalian konsep/teori dakwah dari hasil penelitian Lapangan

OBJEK ILMU DAKWAH
Objek Materal Ilmu Dakwah:  Perilaku keislaman dalam berislam
Objek Formal Ilmu Dakwah:  Perilaku Keislaman dalam melakukan Tabligh, Irsyad, Tadbir dan Tathwir
Ilmu Dakwah erat kaitannya dengan Kajian ilmu keislaman selain dakwah dan ilmu tentang perilaku manusia. 
Ilmu Dakwah berkarakter interdisipliner.

 UNSUR-UNSUR DAKWAH
Dakwah menurut QS. al-Nahl (16):125 dapat dirumuskan sebagai kewajiban muslim mukalaf mengajak, menyeru, dan memanggil orang berakal ke jalan Tuhan (Dien Islam) dengan cara hikmah, mauizhah hasanah, dan mujadalah yang ahsan, dengan respons positif atau negatif dari orang berakal yang diajak, diseru, dan dipanggil di sepanjang zaman dan di setiap ruang. 
Unsur Dakwah: Da’i (Subjek), Maadah (Materi/Pesan), Washilah (Media), Toriqoh (Metode),Mad’u (Objek), Aina (Tempat), Mata (Waktu),Ghayah (Tujuan), Respons.
                                                 
BENTUK DAN DIMENSI (KATEGORI) DAKWAH (1)
               Dakwah menurut QS Fushshilat (41):33, dapat dirumuskan sebagai kewajiban menyeru, mengajak, dan memanggil manusia mengesakan Allah (tawhidullah) melalui ahsan qawl, ‘amal shalih, dan pernyataan ketundukkan kepada Allah. Hakikat dakwah ini menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk utama dalam proses mendakwahkan Islam, yaitu: (1) ahsan qawl, (2) ‘amal shalih (ahsan ‘amal), dan (3) qala inani min al-muslimin (keterpaduan bentuk ahsan qawl dan ahsan ‘amal, atau gerakkan percontohan yang baik).

BENTUK DAN DIMENSI (KATEGORI) DAKWAH
Bentuk Da’wah bi ahsan qawl diformulasikan jadi dua Dimensi (kategori), yaitu:
Irsyad, Wa’zh (Taujih), dan Istisyfa Islam (bimbingan, konseling, penyuluhan, dan         terapi Islam), yang menjadi kajian Jur BPI;  
Tabligh Islam: Khitobah, Kitabah dan I’lam, yang menjadi kajian Jur KPI.
Bentuk da’wah bi ahsan ‘amal diformulasikan jadi dua Dimenssi (kategori), yaitu:
Tadbir Tathbiq Islam, yaitu manajemen kelembagaan Islam, yang menjadi kajian Jur MD;
 Tathwir Qawm Muslim, pemberdayaan SDM, SDA, SDE (pemenuhan kebutuhan dharuriyah, haijyah, dan tahsiniyah), yang jadi kajian Jur. PMI.

WILAYAH KAJIAN  ILMU DAKWAH (1)
Da’i (Subjek), Maadah (Materi/Pesan), Washilah (Media), Toriqoh (Metode),Mad’u (Objek). TAMBAHAN: Aina (Tempat), Mata (Waktu),Ghayah (Tujuan), Respons (Tanggapan). Jumlah 5 atau 8 
Jika kajiannya 2 Varabel Minimal ada 10 Kajian: Da’i+Pesan; Da’i+Media, Da’i+Metode; Da’i+ Mad’u; Pesan+Media; Pesan+Metode; Pesan+Mad’u; Media+Metode; Media; Mad’u; Metode+Mad’u.

WILAYAH KAJIAN  ILMU DAKWAH (2)
Konteks Dakwah atau Level Dakwah, yaitu: 
Dakwah Nafsiyah ( Dakwah intra individu) 
Dakwah Fardiyah (Dakwah antar individu) 
Dakwah Fi’ah: Qalilah +Katsirah (Dakwah kelompok Sedikit) Contoh: Pesantren, Madrasah, Majelis Taklim 
Dakwah Hizbiyah (Dakwah kelompok terorganisir) 
Dakwah Umah (Dakwah massa)  
Dakwah Qabailiyah dan Syu’ubiyah (Dakwah antar suku dan budaya)

MASALAH KAJIAN
Interaksi antar unsur dakwah melahirkan problematika dakwah. Problematika ini dapat dikategorikan antara lain sebagai berikut:
Da’i+Materi= problem kualitas pemahaman da’i 
Da’i+Mad’u= problem respon mad’u 
Dai+Media+Metode= melahirkan problem efektivitas dan efisiensi
Mad’u+Pesan= problem intensifikasi perubahan mad’u dan problem  pengamalan. 
Da’i+Media=problem keterampilan penggunaan teknologi dakwah.

HAKIKAT KAJIAN DAKWAH
Bahwa dakwah Islam adalah proses internalisasi, transmisi, difusi, institusionalisasi, dan transformasi dien Islam dalam totalitas kehidupan manusia mukalaf guna mencapai hakikat tujuan hidup di dunia kini dan di akhirat kelak, dan dalam hal ini proses dakwah Islam dari segi konteksnya mengharuskan terjadinya ketumpangtindihan dalam fokus dan pemokusan dalam ketumpangtindihan.

leh : Fahri Husaini & Nihayatus Sa’idah
A. Epistemologi dakwah
Kata epistemologi dari bahasa yunani, episteme (pengetahuan, ilmu pengetahuan) dan logos (pengetahuan, informasi). Dapat dikatakan, pengetahuan tentang pengetahuan. Adakalanya disebut “teori pengetahuan”.[1] Dalam kamus ilmiah popular juga diterangkan bahwa epistemologi termasuk cabang dari filsafat yang menyelidiki sumber serta kebenaran pengetahuan,[2] Dan dakwah dilihat dari segi bahasa yang berarti mengajak, dan secara istilah mengajak manusia kepada jalan yang diridhoi allah.
Dari dua pengertian diatas maka epistimologi dakwah adalah kajian filosofis tentang terhadap sumber, metode, esensi, dan validitas (kebenaran ilmu) dakwah. Sumber menjelaskan asal usul ilmu dakwah, sedangkan metode menguraikan cara memperoleh ilmu tersebut dari sumbernya.
Model-Model Epistemologi Islam
Dalam kajian pemikiran Islam terdapat juga beberapa aliran besar dalam kaitannya dengan teori pengetahuan (epistemologi). Setidaknya ada tiga model system berpikir dalam Islam, yakni : bayâni, irfâni dan burhâni, yang masing-masing mempunyai pandangan yang sangat berbeda tentang pengetahuan.[3]
Epistimologi Bayani.
Bayani adalah metode pemikiran khas Arab yang didasarkan atas otoritas teks (nash), secara langsung atau tidak langsung. Secara langsung artinya memahami teks sebagai pengetahuan jadi dan langsung mengaplikasikan tanpa perlu pemikiran; secara tidaklangsung berarti memahami teks sebagai pengetahuan mentah sehingga perlu tafsir dan penalaran. Meski demikian, hal ini bukan berarti akal atau rasio bisa bebas menentukan makna dan maksudnya, tetapi tetap harus bersandar pada teks.[4]
Epistemologi Irfani.
Pengetahuan irfani tidak didasarkan atas teks seperti bayani,tetapi pada kasyf, tersingkapnya rahasia-rahasia realitas olehTuhan. Karena itu, pengetahuan irfani tidak diperoleh berdasarkan analisa teks tetapi dengan olah ruhani, dimana dengan kesucian hati, diharapkan Tuhan akan melimpahkan pengetahuan langsung kepadanya. Masuk dalam pikiran, dikonsep kemudian dikemukakan kepada orang lain secara logis. Dengan demikian pengetahuan irfani setidaknya diperoleh melalui tiga tahapan, (1) persiapan, (2) penerimaan, (3) pengungkapan, dengan lisan atau tulisan.
Tahap pertama, persiapan. Untuk bisa menerima limpahan pengetahuan (kasyf), seseorang harus menempuh jenjang-jenjang kehidupan spiritual. Setidaknya, ada tujuh tahapan yang harus dijalani, mulai dari bawah menuju puncak (1)Taubat, (2)Wa r a `,menjauhkan diri dari segala sesuatu yangsubhât, (3)Zuhud, tidak tamak dan tidak mengutamakan kehidupan dunia. (4)Faqir, mengosongkan seluruh fikiran dan harapan masa depan, dan tidak menghendaki apapun kecuali Tuhan swt, (5)Sabar, menerimasegala bencana dengan laku sopan dan rela. (6)Tawakkal, percayaatas segala apa yang ditentukan-Nya. (7)Ridla, hilangnya rasaketidaksenangan dalam hati sehingga yang tersisa hanya gembira dan sukacita.[5]
Kedua, tahap penerimaan. Jika telah mencapai tingkat tertentu dalam sufisme, seseorang akan mendapatkan limpahan pengetahuan langsung dari Tuhan secara illuminatif. Pada tahap ini seseorang akan mendapatkan realitas kesadaran diri yang demikian mutlak (kasyf), sehingga dengan kesadaran itu ia mampu melihat realitas dirinya sendiri (musyâhadah) sebagai objek yang diketahui.Namun, realitas kesadaran dan realitas yang disadari tersebut,keduanya bukan sesuatu yang berbeda tetapi merupakan eksistensi yang sama, sehingga objek yang diketahui tidak lain adalahk esadaran yang mengetahui itu sendiri, begitu pula sebaliknya (ittihâd)[6] yang dalam kajian Mehdi Yazdi disebut ‘ilmu huduri’ atau pengetahuan swaobjek (self-object-knowledge).
Ketiga, pengungkapan, yakni pengalaman mistik diinterpretasikan dan diungkapkan kepada orang lain, lewat ucapan atau tulisan. Namun, karena pengetahuan irfani bukan masuk tatanan konsepsi dan representasi tetapi terkait dengan kesatuan simpleks kehadiran Tuhan dalam diri dan kehadiran diri dalam tuhan, sehingga tidak bisa dikomunikasikan, maka tidak semua pengalaman ini bisa diungkapkan.
Persoalannya, bagaimana makna atau dimensi batin yang diperoleh dari kasyf tersebut diungkapkan? Pertama, diungkapkan dengan cara I`tibâr atau qiyas irfani. Yakni analogi (penyepadanan) makna batin yang ditangkap dalam kasyf kepada makna zahir yang ada dalam teks.15 ke dua, diungkapkan lewat syathahât[7], suatu ungkapan lisan tentang perasaan (al-wijdân) karena limpahan pengetahuan langsung dari sumbernya dan dibarengi dengan pengakuan, seperti ungkapan ‘Maha Besar Aku’ dari Abu Yazid Bustami (w. 877 M), atau Ana al-Haqq dari al-Hallaj (w. 913 M).16 Karena itu, menjadi tidak beraturan dan diluar kesadaran.
Epistemologi Burhani.
Berbeda dengan bayani dan irfani yang masih berkaitan dengan teks suci, burhani sama sekali tidak mendasarkan diri pada teks. Burhani menyandarkan diri pada kekuatan rasio, akal, yang dilakukan lewat dalil-dalil logika. Perbandingan ketiga epistemologi ini adalah bahwa bayani menghasilkan pengetahuan lewat analogi furû` kepada yang asal; irfani menghasilkan pengetahuan lewat proses penyatuan ruhani pada Tuhan, burhani menghasilkan pengetahuan melalui prinsip-prinsip logika atas pengetahuan sebelumnya yang telah diyakini kebenarannya.[8]
Tiga epistemologi Islam ini mempunyai ‘basis’ dan karakter yang berbeda. Pengetahuan bayani didasarkan atas teks suci, irfani pada intuisi sedang burhani pada rasio. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk bayani, karena hanya mendasarkan diri pada teks, ia menjadi terfokus pada hal-hal yang bersifat aksidental bukan substansial, sehingga kurang bisa dinamis mengikuti perkembangan sejarah dan sosial masyarakat yang begitu cepat. Kenyataannya, pemikiran Islam saat ini yang masih banyak didominasi pemikiran bayani fiqhiyah kurang bisa merespondan mengimbangi perkembangan peradaban dunia. Tentang burhani, ia tidak mampu mengungkap seluruh kebenaran dan realitas yang mendasari semesta[9]. Misalnya, burhani tidak mampu menjelaskan seluruh eksistensi diluar pikiran seperti soal warna, bau, rasa atau bayangan.[10]
Jadi ketiga hal tersebut harus disatukan dalam sebuah pemahaman. Maksudnya, ketiga model tersebut diikat dalam sebuah jalinan kerjasama untuk saling mendukung dan mengisi kekurangan masing-masing sehingga terciptalah Islam yang 'Shalih li Kulli Zaman wa Makan', Islam yang aktual dan kontekstual dalam semua tingkat peradaban. Kita harus mengambil filsafat, bukan sekedar sejarahnya melainkan lebih pada aspek metodologinya dengan dibantu ilmu-ilmu kontemporer sehingga ia mampu memberikan sumbangan yang signifikan terhadap perkembangan keilmuan Islam kedepan.[11]
B. Ontologi dakwah
Secara bahasa kata ontologi dibagi menjadi dua yaitu ontos: seatu yang berwujud, dan logos: “ilmu atau teori”. Secara istilah adalah ontologi adalah ilmu teori tentang wujud hakikat yang ada.
Maka ontologi dalam Dakwah Islam adalah pemahaman atau pengkajian tentang wujud hakikat dakwah Islam dari segi hakikat dakwah islam dalam mengkaji problem ontologism dakwah yang juga menjadi perhatian filsafat dakwah selain ilmu-ilmu lainnya.[12]
C. Sumber Ilmu Dakwah
Salah satu aspek epistemilogi dakwah adalah kajian tentang asal usul ilmu dakwah. Tuhan adalah sumber eksistensi manusia oleh karena itu manusia menjadi representasi dunia wujud yang eksistensinya berasal dari tuhan. Artinya, kajian terhadap sumber ilmu dakwah tidak mungkin terlepas dari koherensi[13] relasional antara manusia dan wahyu.
Al-Quran (Q.S,3:31) menyebutkan, “Dan dia mengajarkan kapada adam keseluruhan nama-nama segala sesuatu.” Ketika kemampuan mengeja nama benda itu diujikan kepada para malaikat, mereka menjawab: “Maha Suci engkau, kami tidak mempunyai ilmu selain yang engkau ajarkan, engkau maha mengetahui dan maha bijaksana (Q.S.3:32). Informasi mengenai adam mampu mengeja nama-nama benda membuktikan kemampuan manusia mengenal tuhan, dunia, dirinya dan juga sejarah. Dengan kemampuan tersebut manusia memiliki ilmu sehingga dapat dikatakan ilmu itu bersumber dari wahyu melalui kesadaran kognisi.
Meskipun demikian , suatu hal yang perlu disadari bahwa jangkauan ilmu manusia terbatas dan tidak sempurna. Karena jangkauan ilmu manusia terbatas, maka manusia dianugerahkan kemampuan kesadaran kognisi untuk menyelidiki rumusan hukum regulitas[14] yang melekat dalam karya dan krestifitas tuhan yang berupa alam semesta dan manusia.[15]
Terkait dengan dakwah sebagai suatu disiplin ilmu mengetahuan maka kemampuan kesadaran kognisi manusia yang tereksistensi dari wahyu adalah sumber ilmu dakwah. Dalam konteks keilmuan dakwah sering diartikan sebagai ajakan atau seruan kepada nilai-nilai kebaikan (al-kair) melalui menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar untuk memperoleh keberuntungan.” Ini Berarti bahwa nilai-nilai kebaikan adalah inti seruan dakwah sekaligus juga inti ilmu dakwah.
D. Hakikat Dakwah
Merujuk pada makna yang terkandung dalam al Quran surat al Nahl (16:125), dakwah islam dapat dirumuskan sebagai kewajiban uslim mukallaf untuk mengajak, menyeru dan memanggil orang yang berakal menjalani jalan Tuhan (din al-Islami) dengan cara hikmah, mauidzoh hasanah (super motivasi positif), dan mujadalah yang ahsan (cara yang metodologis) dengan respon positif atau negatif dari orang yang berakal yang diajak, di sepanjang zaman dan disetiap ruang.
Hakikat dakwah Islam tersebut adalah perilaku keislaman muslim yang melibatkan unsur dai, maudhu’ atau pesan, wasilah atau media, uslub atau metode, mad’u dan respon serta dimensi hal-maqom atau situasi dan kondisi.
Hakikat Dakwah Islam ini menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk utama dalam proses menda’wahkan islam, yaitu :
1. Melalui ahsanul qaul
2. Ahsan ‘amal, dan
3. Keterpaduan bentuk ahsan qaul dan ahsan ‘amal (contoh yang baik)
mengacu pada uraian yang telah dikemukakan di atas, maka hakikat da’wah islam ialah proses internalisasi(pendalaman/penghayatan), transmisi (pemindahan), difusi(perpindahan), institusionalisasi dan transformasi dien al islam dalam totalitas kehidupan manusia mukallaf guna mencapai tujuan hidup dunia akhirat. [16]
E. Kebutuhan Manusia Terhadap Dakwah
Manusia ketika di alam arwah telah melakukan syahadah yang dusebut perjanjian ketuhanan dan fitrah Allah (din al Islam). Dengan demikian, manusia mamiliki banyak kebutuhan dalam dirinya seperti kebutuhan dakwah (kebutuhan spiritual) yang diperlukan untuk mengaktualkan syahadah ila Allah kedalam kenyataan hidup manusia sebenarnya, seperti kebutuhan materialnya, baik itu makan minum , berpakaian ataupun seks. Ataupun bukan kebutuhan material, seperti kebutuhan rasa aman, bahagia, dihargai, dicintai dan lain-lain.
F. Dakwah
Pada dasarnya, dakwah adalah upaya yang dilakukan oleh manusia yang yang berangkat dari kesadaran tauhidullah untuk membawa kembali ummat kepada tauhidullah. Manusia pada dasarnya fitri dan harus kembali kepada fitri, yang dikarenakan oleh kotoran-kotoran kekufuran, kesyirikan serta dosa dan perbuatan maksiat lainnya. Esensi tauhid, menyadar kepada diri kita, bahwa Allah itu maha esa, tidak tertandingi, tidak bisa disamakan, tempat bergantung segala macam makhluk, serba sempurna, serba maha, dan lain sebagainya.
Tauhidullah sesungguhnya mengisyaratkan adanya lima paket pengertian:
Pertama : tauhidullah, mengajarkan kita akan keyakinan atau beriman tentang adanya unity of Godhead (kesatuan ketuhanan).
Kedua : kesatuan ketuhanan ini pada konsekuensi logis berikutnya menimbulkan unity of creation (kesatuan pencipataan).
Ketiga : konsekuensi berikutnya, karena umat manusia merupakan makhluk Allah, maka tentu kita harus percaya akan adanya unity of mankind (kesatuan kemanusian).
Keempat : karena adanya kesatuan kemanusiaan, tentu ada unitu of guidance (kesatuan pedoman hidup bagi orang beriman).
Kelima : karena adanya unity of guidance, maka kita di alam fana ini akan bermuara pada akhir yang sama. Sehingga tujuan hidup umat manusia seharusnya sama secara konseptual dan teoritis, yaitu adanya unity of the purpose of life (satu kesatuan tujuan hidup).
G. Dakwah Yang Tercerahkan
Seoarang dai yang akan bertugas menyebarkan nilai-nilai Tuhan, niscaya memiliki seperangkat metode untuk menyampaikan nilai-nilai Tuhan tadi. Untuk itu, diperlukan dai-dai yang kreatif dan tercerahkan.wacana utama bagi setiap kepemimpinan dakwah melingkupi tiga dimensi. Yaitu: kebersihan atau kejernihan hati, kecerdasan pikiran, dan keberanian mental. Yang semuanya itu harus dimiliki oleh para dai dalam mengemban risalah Ilahi.[17]
H. Kesimpulan
Espitemologi Dakwah
Epistimologi dakwah suatu kajian filosofis tentang terhadap sumber, metode, esensi, dan validitas (kebenaran ilmu) dakwah, Sumber menjelaskan asal usul ilmu dakwah, sedangkan metode menguraikan cara memperoleh ilmu tersebut dari sumbernya.
Ketiga model epistimologi Islam, Bayani, Irfani, dan Burhani, harus diikat dalam sebuah jalinan kerjasama untuk saling mendukung dan mengisi kekurangan masing-masing sehingga terciptalah Islam yang 'Shalih li Kulli Zaman wa Makan', Islam yang aktual dan kontekstual dalam semua tingkat peradaban. Kita harus mengambil filsafat, bukan sekedar sejarahnya melainkan lebih pada aspek metodologinya dengan dibantu ilmu-ilmu kontemporer sehingga ia mampu memberikan sumbangan yang signifikan terhadap perkembangan keilmuan Islam kedepan.
Ontologi Dakwah
Ontologi Dakwah Islam adalah pemahaman atau pengkajian tentang wujud hakikat dakwah Islam dari segi hakikat dakwah islam dalam mengkaji problem ontologism dakwah yang juga menjadi perhatian filsafat dakwah selain ilmu-ilmu lainnya. Hakikat da’wah islam ialah proses Internalisasi (pendalaman/penghayatan), transmisi (pemindahan), difusi(perpindahan), institusionalisasi dan transformasi dien al islam dalam totalitas kehidupan manusia mukallaf guna mencapai tujuan hidup dunia akhirat.


0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT ME

Foto saya
ih sya itu orangnya baik..asyik deh law berteman sam q..tpi aga bawel dikit..tp tnang baik ko..he..

VISITORS

SHARE IT

Powered By Blogger

anez cute

My Popularity (by popuri.us)

visitorq

free counters

translate

Template by: Free Blog Templates