Nez PinkBox

YM

Daily Calendar

Senin, 09 April 2012

Filsafat Ilmu



Filsafat Ilmu

            Mungkin sudah kita ketahui bahwa kata filsafat itu berasal darui bahasa Yunani dan berarti cinta akan pengetahuan seorang filsuf adalah seorang pecinta, pencari (philos) nikmat atau pengetahuan (Sophia). Kata philosophos diciptakan untuk menekankan suatu pemikiran yunani seperti Pythagoras dan Plato, yang mengkritik para sofis yang berpendapat bahwa mereka tahu jawaban untuk semua pertanyaan. Kata Pythagoras “Hanya Tuhan yang mempunyai hikmah yang sungguh-sungguh”. Manusia harus puas dengan tugasnya didunia ini yaitu “mencari hikmat”, “mencinta pengetahuan”. Dan Pythagoras juga mengatakan bahwa ajaran tentang ilmu atau pengetahuan tentang keabadian roh, bias mereinkarnasi ke manusia atau binatang.

Filsafat Diartika Sebagai Etimologis
            Bahwasanya sama Philo itu cinta, dan Sophia itu kebijaksanaan. Adanya konsep reinkarnasi manusia yang sekarang masih dpegang oleh India, contohnya Saibaba, yang mengakui bahwa dia jelmaan dari Tuhan.
            Filsafat diartikan sebagai sikap, yaitu manusia dihadapkan kepada masalah, dan bagaimana manusia bersikap untuk menyelesaikan masalahnya atau masalah yang ia sedang hadapi.
Filsafat diartikan sebagai methode, ada metode reflektif dengan cara kontemplasi berfikir secara mendalam, metode inklusif yang bersifat terbuka, dan synopsis yaitu memunculkan gagasan yang menyeluruh dan luas (secara umum).
Filsafat diartikan sebagai teori yaitu mengenai kumpulan-kumpulan tentang pendalaman materi-materinya atau tentang teori-teori.
Filsafat diartiakn sebagai analisis logis tentang bahasa, yaitu merupakan bahasa filsafat itu sifatnya subjektif sulit untuk dipaham dan dimengerti. Contohnya: kata ada, yang bias diartiakn sebagai Allah, alam, manusia, binatang, logis, komunikatif dan lain sebagainya.
Filsafat diartiakan sebaga usaha menyeluruh. Contoh: Karl Marx yang menciptkan teori komunisme yang menggabungkan dari berbagai sisi yang kemudian melahirkan sebuah teori.
Ø  Ilmu
Ilmu itu tersusun secara sistematis, objektif (sesuai dengan objek antara pengetahuan manusia dengan objeknya), rasional, metode ilmiah.
Ø  Pengetahuan merupakan pengetahuan yang telah terbukti dan telah dibenarkan oleh semua orang
Dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan merupakan kumpulan teori-teori yang membahas objek secara sistematis dan menyeluruh. Bias juga suatu pengetahuan tentang objek tertentu yang disusun secara sistematis sebagai hasil penelitian dengan menggunakan metode tertentu.
Objek Filsafat Ilmu
1.      Ontologi          : 1. Idealisme
              2. Materialisme
2.      Epistimologi    : 1. Rasionalisme yaitu kebenaran secara akal
  2. Empirisme yaitu ebenaran secara pengalaman
  3. Positifisme yaitu ebenaran secara akal dan pengalaman
3.      Aksiologi         : 1. Hedonisme yaitu kenikmatan secara fisik
              2. Utilarisme yaitu bahwa yang baik itu adalah bermanfaat
  3. Vitalisme yaitu kekuatan
  4. Individualisme yaitu bermanfaat bagi dirinya sendiri
  5. Pragmatisme yaitu bermanfaat bagi yang lain

Filsafat Ilmu

            Sebenarnya ada beberapa sumber tentang ilmu pengetahuan yakni, pengalaman indra, nalar, otoritas, intuisi, wahyu dan keyakinan.
a)      Pengalaman indra, pengndraan adalah alat yang paling vital dalam memperoleh pengetahuan. Karena memang dalam hidup manusia, pengindraan adalah satu-satunya alat untuk menyerap segala objek yang ada di luar diri manusia.
b)      Nalar adalah salah satu corak berfikir untuk menggabungkan dua pemikiran atau lebih denganmaksud untuk mendapatkan pengetahuan baru dengan memperhatikan asas-asas pemikiran yaitu:a) principium identitas, b) principium contradictionis, c) principiumtertii exclusi, dan d) principium kompromi.
c)      Otoritas adalah kekuasaan sah yang dimiliki oleh seseorang dan diakui oleh kelompoknya. Otoritas menjadi salah satu sumber pengetahuan karena kelompoknya memiliki pengetahuan. Karena seseorang yang mempunyai kewibawaan dalam pengetahuan.. jadi kesimpulannya adalah bahwa pengetahuan arena adanya otoritas terjadi melalui wibawa seseorang sehingga orang lain mempunyai pengetahuan.
d)      Intusi berperan sebagai sumber pengetahuan karena adanya kemampuan dalam diri manusia yang dapat melahirkan pertanyaan-pertanyaan berupa pengetahuan.
e)      Wahyu merupakan salah satu sumber pengetahuan karena kita mengenal atau tahu sesuatu misalnya akhirat, surga dan neraka, melalui ajaran wahyu Tuhan.
f)        Keyakinan adalah kemampuan yang ada pada diri manusia yang diperoleh melalui kepercayaan. Sesungguhnya antara sumber pengetahuan berupa wahyu dan keyakinan ini sangat sukar untuk dibedakan. Adapun keyakinan melalui kemampuan kejiwaan manusia merupakan pematangan dari kepercayaan.
Dalam teori logika bahwa pengetahuan itu dibagi dua yang pertama yaitu langsung yang meliputi konsepsi dan ontropeksi. Dan yang kedua adalah pengetahuan tidak langsung yang meliputi konklusi yatu kesimpulan yang diperoleh, otoritas yaitu bahwasanya kita percaya kepada sesuatu atau orang yang mempunyai kewibawaan pengetahuan pengetahuan, dan yang ketiga adalah kesaksian.
            Pengetahuan juga berdasarkan ilmu yang objeknya alam (empirk) menggunkan metode ilmiah yang kebenarannya empirik dan relatif, kemudian filsafat yang objeknya metafisik yang menggunakan metode rasional, dan kebenaraanya logis atau spekulatif. Sedangkan agama berobjek metafisik yang menggunakan metode latihan dan melahirkan kebenaran dengan keyakinan.












0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT ME

Foto saya
ih sya itu orangnya baik..asyik deh law berteman sam q..tpi aga bawel dikit..tp tnang baik ko..he..

VISITORS

SHARE IT

anez cute

My Popularity (by popuri.us)

visitorq

free counters

translate

Template by: Free Blog Templates